Rabu, 23 Januari 2013

menpora baru.


Sepertinya semua orang mempunyai kesempatan untuk menjadi menpora. Dan semua orang di perbolehkan untuk memegang suatu jabatan, tanpa memandang siapa orang tersebut.

Roy suryo saat ini di angkat menjadi Mentri Pemuda dan Olah Raga (MENPORA). Akan tetapi banyak masyarakat yang meragukan kemampuan Roy Suryo. Itu di karenakan Roy Suryo pada kenyataan di nilai sebagai ahli atau pakar telematika, bukan ahli atau pakar dalam bidang olahraga.

Apakah salah seorang pakar telematika menjadi pakar olahrag atau menpora?
Jelas tidak ada kesalahan. Karena kita belum mengetahui kemampuan Roy Suryo dalam menanggapi permasalahan yang ada di dunia olahraga saat ini.

Coba kita pikirkan, beberapa mantan-mantan menpora yang sudah ada. Dengan memiliki ilmu dan pengetahuan tentang kepemudaan dan tentang olahraga saja mereka masih belum mampu mengurus. Dengan ketua menpora yang baru saat ini, dengan kemampuan ilmu dan pengetahuan yang berlain bisa saja merubah arah dunia olahraga saat ini menjadi lebih baik.
Kita harus bisa menghormati keputusan yang sudah ada dan mendukung visi misinya. 

mobil listrik TUCUXI di indonesia

Beberapa waktu lalu meneg BUMN Dahlan Iskan baru saja memperkenalkan mobil listrik sport yang bernama Tucuxi di Jakarta. Mobil ini berkapasitas 200 Kwh atau setara 3000-3500 cc. Dan mobil ini pun di banderol dengan harga yang cukup fantastis, yaitu 1,5 miliar.

Setelah memperkenalkan tucuxi ke masyarakat dan media massa, Meneg BUMN Dahlan Iskan pun menguji coba mobil ini sendiri. Mobil ini di pakai sehari-hari untuk bekerja dan berjalan-jalan.
Dalam waktu uji coba, tanpa di sangka mobil beserta pengemudinya yaitu Dahlan Iskandar mengalami kecelakaan yang di akibatkan sitem pengereman kurang baik.

Setelah kejadian kecelakaan tersebut, banyak pihak atau masyarakat yang melontarkan pertanyaan “apakah tucuxi perlu dikembangkan dan lanjutkan?”.


Menurut saya Tucuxi masih perlu dikembangkan.
Seharusnya dalam tahap pembuatan mobil tucuxi harus di lakukan dengan teliti, agar segalanya bisa teruji standarisasi.

Dalam hal pembiayaan seharusnya mobil ini bisa di buat dengan dana yang seefisien mungkin dan tidak mengurangi tingkat kenyamanan dan keamanan, agar dalam tahap penjualan ke masyarakat harga yang di banderol tidak tinggi.


Kamis, 17 Januari 2013

tip memperbaiki motor mogok yang terkena banjir


Tips bila kendaaran bermotor mogok kena banjir:

  • Pastikan kita (pemilik kendaraan) membawa peralatan, seperti: kunci busi, obeng plus, obeng min, kunci-kunci pas yang di perlukan sesuai ukuran (baut) motor
  • Membawa lap (kain) kering dan busi cadangan
  • Kemudian bongkar busi yang menempel di motor dengan kunci busi
  • Ambil busi tersebut, dan cek. Sudah pasti keadaan sang busi dalam keadaan basah kuyup kena air
  • Lap busi yang basah dengan lap kering. Pastikan mengelapnya dengan kering\
  • Setelah itu pakai lap kering tadi untuk di ujung kop busi(karet penutup busi), ini untuk mengeringkan bagian dalam tempat busi berada
  •  Tempelkan (masukan) kop busi yang sudah ada kainnya kedalam lubang besi
  •  Kemudian sela (kick stater) motor anda beberapa kali
  • Setelah itu cek keadaan kain tersebut, bila basah, ganti posisi kain ke bagian yang kering. Lakukan sela (kick stater) sekali lagi, hingga kondisi kain yang dimasukan kedalam lubang busi dalam keadaan kering. Setelah itu pasang busi kembali.
  •  Apabila setelah membongkar busi, kenadaraan (motor) belum bisa menyala, ada kemungkinan air masuk kedalam karburator.

Cara membersihkan karburator yang kemasukan air :
lingkaran bulat merah adalah tempat baut pembuangan bensin.
  • Bongkar bodi motor yang sekiranya menutupi karburator
  • Setelah itu, pakailah obeng min / plus untuk membuka lubang pembuangan bensin di karburator (posisinya biasanya ada dibagian kiri paling bawah, tapi lokasinya terkadang berbeda, ada di kanan bawah, tergantung model karburator), putar atau kendurkan baut min tersebut hingga bensin yang sudah tercampur air keluar dari lubang pembuangan yang ada, buanglah bensin tersebut sesuai takaran yang ada di pelampung karburator
  • Setelah itu kencangkan kembali baut min tersebut, kemudian sela lah (kick stater) sampai bensi yang ada di tangki mengalir ke penampung karburator
  • Saat mesin sudah menyala, panaskan beberapa saat kendaraan anda agar mesin yang sudah dingin terendam air bisa bekerja normal lagi.

Rabu, 16 Januari 2013

banjir di jakarta


Setelah beberapa hari kota jakarta di guyur hujan bercurah tinggi. Kini kota jakarta mulai mengalami gangguan banjir. Terbukti dari banyaknya jumlah daerah yang mengalami banjir, banjir tersebut sudah menggenang perumahan dan jalanan.
Banjir ini disebabkan curah hujan yang sangat tinggi, dan menyebabkan beberapa kali  yang ada tidak mampu menampung debit air hujan. Di tambah fungsi dari beberapa drainase yang ada di jakarta kurang efektif.
Selain akibat hujan yang bercurah tinggi,  salah satu penyebab meluapnya beberapa kali yang ada berasal dari kiriman air dari luar daerah jakarta (bogor). Hal itu di karenakan pintu-pintu kali yang ada di luar jakarta sudah dibuka, karena pintu kali tersebut sudah tidak mampu menampung jumlah air yang ada.
Saat ini banjir yang menggenangi jalanan tersebut sangat menggangu para pengguna jalan. Akibatnya timbul titik-titik kemacetan di jakarta yang disebabkan banjir. Bahkan saat ada beberapa jalan-jalan yang ada dijakarta lumpuh total.




Rabu, 26 Desember 2012

kunjungan DPR ke jerman


Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran mengecam kunjungan sejumlah anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR ke Jerman. Kunjungan kerja ini dinilai hanya akan menghabiskan anggaran negara. "Keberangkatan mereka ini benar-benar hanya menggerus uang negara untuk kepentingan yang tidak penting," kata Koordinator Advokasi dan Investigasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, saat dihubungi, Sabtu, 17 November 2012. 

Selama sepekan, sejak 17 hingga 23 November 2012, sebelas anggota Baleg melakukan kunjungan kerja ke Jerman. Mereka ingin mendalami penerapan regulasi yang akan dipakai dalam draf rancangan undang-undang tentang keinsinyuran. 

Menurut catatan Fitra, kunjungan DPR ke Jerman ini menghabiskan anggaran cuma-cuma hingga Rp 1,056 miliar. Asumsi ini dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84./PMK.02/2011 tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2012. 

Uchok menilai, di tengah besarnya sorotan publik terhadap kinerja parlemen, para anggota Dewan sebaiknya lebih selektif dalam menggunakan anggaran. DPR seharusnya fokus pada kegiatan yang bisa mengembalikan citranya di mata publik. Apalagi saat ini pemberitaan media tengah ramai menyoroti dugaan pemerasan sejumlah anggota Dewan terhadap badan usaha milik negara. "Jadi seharusnya batalkan saja itu kunjungan ke luar negeri demi menjaga kehormatan kelembagaan DPR."

Uchok juga menyayangkan selama ini hasil kunjungan para anggota Dewan ke luar negeri tak sebanding dengan undang-undang yang dihasilkan. Hal ini terbukti dengan buruknya kualitas UU yang dihasilkan Dewan. Dalam beberapa uji materi sering kali Mahkamah Konstitusi menganulir produk UU yang dihasilkan DPR. 

Sering kali, Uchok melanjutkan, kunjungan ke luar negeri hanya dijadikan ajang untuk jalan-jalan para anggota Dewan. "Jalan-jalan ke luar negeri hanya salah satu kemewahan yang susah dihilangkan DPR."

Parlemen sering menggunakan alasan penyusunan undang-undang untuk mendapat kesempatan berpelesir ke luar negeri. Setiap pembahasan UU di DPR biasanya diikuti dengan kunjungan ke luar negeri. "Jarang ada RUU yang tidak ada kunjungan jalan-jalan ke luar negeri, karena setiap alat kelengkapan DPR punya anggaran kunjungan jalan-jalan ke luar negeri."


referensi : http://www.tempo.co/read/news/2012/11/17/078442335/Kunjungan-DPR-ke-Jerman-Hari-Ini-Dikecam

Sabtu, 22 Desember 2012

Augmented Reality


Dari waktu ke waktu dunia teknologi semakin berkembang dan semakin canggih. Mulai dari segi ketajaman suatu gambar. Pada awalnya suatu gambar hanya mampu berbentuk 1 dimensi (1D). Kini semakin berkembangnya dunia  teknologi sebuah gambar mampu menjadi 3 dimensi (3D).  Sekarang kita dapat melihat sebuah gambar pada dunia maya kini menjadi tampak nyata. Oleh karena itu kini munculah istilah Augmented Reality.
Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Selain menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, Augmented Reality juga berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah lapisan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakkan di atas gambar meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.
Augmented Reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, Augmented Reality juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Sejarah Augmented Reality
Sebenarnya sejarah tentang augmented reality sudah dimulai dari tahun 1957-1962, ketika seorang penemu yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan sebuah simulator yang disebutnya Sensorama dengan visual, getaran dan bau.
Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display. Tahun 1975, seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. 
Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya. 
Tahun 1992 mengembangkan augmented reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat Boeing, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem augmented reality, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara Amerika Serikat Armstrong Labs dan menunjukan manfaatnya pada manusia, dan pada tahun 1992 juga, Steven Feiner, Blair Maclntyre dan Doree Seligmann memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan Prototype AR.
ada tahun 1999, Hirokazu Kato seorang kebangsaan Jepang, mengembangkan Augmented Reality Toolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH.
Pada tahun 2000, Bruce.H.Thomas mengembangkan Augmented Reality Quake, sebuah Mobile Game Augmented Reality yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers.  
Pada tahun 2008, Wikitude Augmented Reality Travel Guide, memperkenalkan Android G1Telephone yang berteknologi augmented reality.
Tahun 2009, Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit (Flash Augmented Reality Toolkit) yang merupakan perkembangan dari Augmented Reality Toolkit.
FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi Augmented Reality disebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Sebenernya Saqoosha terinspirasi dari NyARToolkit (sama-sama orang Jepang), tetapi NyARToolkit sudah banyak bahasa yang diambil mulai dari Java, C++, C#.
NyARToolkit juga sebenarnya mengadopsi dari ARToolkitmilik HITLab Washington. Sampai saat ini sudah banyak sekali software-software untuk membantu programmer dalam membuat aplikasi augmented reality.

Masa depan augmented reality
Tidak seperti Virtual Reality yang bertujuan menggantikan persepsi dunia dengan yang buatan, augmented reality memiliki tujuan untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia sekitarnya.

Menjadi sebagian virtual dan nyata, teknologi antarmuka baru Augmented Reality yang mampu menampilkan informasi yang relevan ini sangat membantu dalam pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan hiburan.
Augmented Reality memiliki banyak keuntungan dibandingkan Virtual Reality karena pengguna dapat melihat dan menyentuh benda-benda digital dan dapat berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti akan melahirkan jenis baru interaksi antara manusia dengan komputer.

contoh hasil Augmented Reality (AR)









referensi :
google
http://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality

Selasa, 04 Desember 2012

kelangkaan BBM bersubsidi



Akhir-akhir ini indonesia sedang dilanda masalah rumit. Indonesia saat ini sedang mengalami kelangkaan bahan bakar bersubsidi (BBM) berjenis premium dan solar. Sebenarnya permasalahan ini sudah mencuak dari pertengahan tahun. Namun menjelang akhir tahun sekarang, indonesia mulai heboh lagi dengan masalah ini. Kelangkaan ini sudah mulai terjadi di berbagai  daerah Indonesia.


Seperti Kelangkaan BBM bersubsidi jenis premium dan solar telah mengancam Jawa Tengah, Kalimantan, Aceh, NTT, serta daerah-daerah lain. Karena sudah di perkirakan kalau persediaan dua jenis BBM tersebut kemungkinan besar tidak mampu memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun. Dan hal itu pun terbukti beberapa hari yang lalu. Ada beberapa SPBU yang di tutup untuk sementara waktu karena pihak  SPBU telah kehabisan stok BBM jenis premium dan solar. Sementara itu SPBU yang masih mempunyai stok bbm, mulai di cari dan di kerumuni oleh warga.

Hal seperti itu terjadi akibat peningkatan yang sangat drastis dari pemakai BBM bersubsidi dari waktu ke waktu, dan stok BBM yang dimiliki negara semakin menipis. Padahal stok BBM bersubsidi sudah di perhitungkan secara matang untuk mencukupi kebutuhan  warga di indonesia dalam jangka waktu setahun. Nampaknya perhitungan itu salah. Terbukti dengan banyak daerah yang mengalami kelangkaan BBM.

Seharusnya permasalahan itu dapat di selesaikan secepatnya. Seperti penambahan kuota BBM untuk jangka waktu kedepan. Akan tetapi ini permasalahan ini bukan tanggungan pemerintah dan negara saja. Melainkan kita sebagai warga indonesia, harus bisa membantu menyelesaikan masalah ini.  Sebagai warga indonesia, seharusnya kita bisa membantu program pemerintah dalam bidang BBM bersubsidi, dengan cara membeli BBM yang tidak bersubsidi. Karena pada dasarnya BBM bersubsidi untuk kalangan warga yang tidak mampu, seperti slogan “BBM bersubsidi hanya untuk orang tidak mampu”.

Nampaknya slogan seperti itu ataupun program-program pemerintah kurang efektif. karena masih banyak orang-orang mampu yang memakai BBM bersubsidi, itu terbukti banyak kendaraan-kendaraan mewah yang masih menggunakan BBM bersubsidi. Serta masih banyak kendaraan-kendaraan berplat nomor dinas menggunakan BBM bersubsidi. . Mereka dengan santainya dan  tanpa merasa malu mengisi kendaraan mereka dengan BBM yang bersubsidi.


Sifat dan sikap orang seperti itu lah yang seharusnya kita hindari. karena hal seperti itu yang membuat program-program pemrintah gagal, dan tidak akan ada kerja sama dari warga untuk membantu program pemerintah. Maka  kalau bukan dari kemauan diri sendiri, siapa lagi?