Kamis, 29 November 2012

Persaingan Samsung dan Apple


Dari tahun ke tahun, mulai banyak berbagai macam gadget canggih dan pintar bersaing dari berbagai macam produsen. Dari sekian banyaknya produsen, ada 2 produsen gadget ternama yang sangat sengit dalam bersaing di pasaran. Dua nama produsen itu adalah Samsung dan Apple. Sebagai produsen gadget terbesar dan ternama, mereka saling gencar dalam memproduksi produk dengan inovasi-inovasi terbaru dan tercanggih.

Berawal dari bersaing dalam memproduksi dan mencari inovasi terbaru, Dua produsen itu lama kelamaan semakin bersaing sengit untuk mencari kepopuleran di dunia gadget. Hingga menimbulkan berbagai macam konflik kasus, mulai dari konflik kasus kecil hingga konflik kasus besar yang saat ini sedang heboh di perbincangkan.
Konflik yang kini sedang heboh di perbicangkan adalah tentang kasus penjiplakan dan pelanggaran hak paten. Kedua produsen ini saling menuduh satu sama lain dengan kasus tersebut.

Berikut beberapa ringkasan koflik diatara Samsung dan Apple:

Berawal dari tahun 2011
Pada bulan April pihak Apple menggugat Samsung karena perusahaan ini dianggap telah meniru desain dari iPhone. Kemudian pihak Samsung menggugat balik Apple karena dianggap telah meniru teknologi 3G dan wireles.

Agustus 2011
Pengadilan Jerman melarang penjualan dari Galaxy Tab 10.1 di seluruh Eropa terkecuali Belanda. Tidak hanya itu, Pengadilan Jerman juga meminta agar penjualan dari Galaxy S, Galaxy S-2, Galaxy Ace di Jerman ikut dihentikan. Hal ini tak pelak menjadi pukulan tersendiri bagi Samsung.

September 2011
Penjualan Samsung Galaxy Tab 10.1 dihentikan karena dianggap melanggar hak paten, desain, tampilan dan nuansa dari iPad.

Oktober 2011
Pada bulan ini sebuah perang paten terjadi di Australia setelah pengadilan di Australia memutuskan untuk melarang penjualan Galaxy Tab 10.1. Samsung dinilai melanggar hak paten atas teknologi layar sentuh dari Apple.

November 2011
Samsung membalas Apple dengan meminta data dan kode dari iPhone 4S untuk dievaluasi dan meminta pengadilan menyetujui penundaan penjualan iPone 4S di pasar gadget Australia. Apple membalasnya lagi dengan meminta pengadilan Jerman untuk melarang Galaxy Tab 10.1N terbaru yang sudah didesain ulang oleh Samsung karena juga dianggap telah meniru desain dari iPad. Namun pengadilan Australia menolak tuntutan dari Apple dan akhirnya Samsung Galaxy Tab 10.1 diiperbolehkan untuk dipasarkan di Australia pada bulan Desember 2011.

Desember 2011
 9 Desember penjualan Galaxy Tab 10.1 dimulai. Tetapi kontroversi Apple vs Samsung belum berakhir. Kedua perusahaan telah mengeluarkan biaya yang cukup fantastik. Mulai saat itu perseteruan Apple dan Samsung bukan tentang pelanggaran hak paten lagi, namun lebih kepada gengsi dan harga diri kedua belah pihak yang merupakan produsen gadget papan atas.

Januari 2012
Seiring dengan persaingan Apple vs Samsung di pasaran teknologi gadget, persaingan juga masih terjadi di pengadilan. Apple kembali melayangkan gugatan kepada Samsung dengan memberikan bukti berupa kode desain dan data sertifikat resmi dua produk mereka yang dianggap ditiru oleh 10 jenis produk smartphone yang dikeluarkan oleh Samsung.

Februari 2012
Pengadilan Jerman memutuskan Galaxy Tab 10.1N tidak melanggar hak paten iPad. Samsung membuat Galaxy Tab 10.1N dengan didesain ulang khusus untuk pasar gadget Jerman dengan mengubah materi dan desain tampilannya.

Maret 2012
Samsung melayangkan gugatan baru terhadap Apple. Samsung mengklaim bahwa 3 paten teknologi miliknya telah digunakan oleh Apple pada iPhone 4S dan iPad 2. Gugatan ini dikeluarkan beberapa jam sebelum Apple mengadakan acara peluncuran dari iPad 3 atau iPad HD.


Dari tahun ke tahun, kedua produsen ini sudah mengalami panggilan sidang dari 1 negara ke negara lain untuk menyelesaikan permasalahan di meja pengadilan. Namun nampaknya, perselisihan diantara kedua produsen ini tidak pernah selesai atau berdamai.

Sudah terbukti, pada  Sidang yang digelar di Pengadilan San Jose, California, Amerika, 25 Agustus lalu. Dalam sidang tersebut menghasilkan jawaban bahwa Samsung melanggar hak paten dari Apple dan terancam denda Rp 9 trilliun atau US$ 1.051 milliar.

Samsung melanggar 6 dari 7 hak paten milik Apple. Berikut hak paten yang sudah dilanggar :
1.      Paten No. 381
Antara lain meliputi interface,multi touch, pinch to zoom, cara menggeser dokumen dan page bouncing atau efek yang ditimbulkan ketika halaman discroll sampai bawah. Pelanggaran hak paten nomer ini banyak ditemukan pada produk Samsung Galaxy.
2.      Paten No. 915
Berkaitan dengan touch screen, yang membedakan antara single touch dan multi touch scrolling. Produk Samsung, Galaxy, Nexus S 4G, Epic 4G, dan Galaxy Tab masuk dalam daftar yang melanggar.
3.      Paten No. 163
Hak paten ini meliputi double tap atau fitur membesarkan guna menaruh foto, web maupun dokumen pada tengah layar. Droid Charge, Seri Samsung Galaxy juga masuk dalam daftar hitam pelanggar hak paten.
4.      Paten No. D ’677
Hak paten ini mengatur soal desain muka dari perangkat iPhone yang dilanggar Samsung dalam produknya seperti Epic 4G, Samsung Galaxy, Vibrant, Fascinate dan Infuse 4G.
5.      Paten No. D ‘087
Hampir sama dengan hak paten no. D ‘677, D ‘087 menyinggung soal ornamental perangkat secara umum yang dilanggar Samsung seperti dalam produk Galaxy dan Vibrant.
6.      Paten No. D’ 305
Hak paten ini menjabarkan UI (User Interface) yang berupa desain berupa icon berbentuk kotak dengan sudut bulat berlatar belakang warna hitam yang tersusun dalam grid. Lagi-lagi, Samsung Galaxy masuk dalam deretan produk yang melanggar.
Berdasarkan pada bukti terbaru yang dihadirkan dalam persidangan, selain pada desain antarmuka (interface), dan hardware  seperti yang dijelaskan dalam hak paten, paket penjualan (packaging) Samsung ternyata juga meniru produk Apple. Bagi kamu yang mungkin belum mengetahuinya, inilah desain perangkat Samsung yang sangat identik dengan produk Apple yang mudah dikenali. Serupa tapi tak sama.

Selain itu ada pula bukti pelanggaran yang di alami Samsung :

Charger, USB Connector dan Camera Kit
Samsung mencetak hattrick dengan meniru sekaligus 3 desain produk Apple. Seperti yang diketahui, desain Apple berupa charger, USB Connector serta Camera Kit yang berwarna putih hanya dirubah warna hitam oleh pihak Samsung.

Smart Cover
Bentuk Smart Cover milik Apple sama persis dengan milik Samsung. Hanya Samsung mengubah namanya menjadi Smart Case

Outlet dan Promosi Produk
ada pula persoalan seperti ini, namun pesoalan ini masih perlu banyak pembuktian. Tetapi ada sebuah toko retail Samsung di Sydney, Australia, yang sangat mirip dengan toko Apple yang berada di daerah yang sama. Bermula dari Display produk, pakaian karyawan dan desain interior toko sangat mirip toko Apple dengan dominan warna biru. Untuk promosi produk, Samsung Galaxy Ace Plus bisa dibandingkan dengan Apple iPhone 3G, atau Samsung Chrome Box Series 3 yang menyerupai Apple Mini Mac.

Paket Penjualan (Packaging)
Samsung ternyata juga membuat jalan pintas dengan menjiplak sistem packaging Apple yang terkenal mudah untuk dibongkar pasang.
Keputusan ini belum final, dan pihak Samsung masih diberikan kesempatan untuk mengajukan banding pada persidangan selanjutnya.

referensi :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar