Sabtu, 29 Juni 2013

pengertian informix

Pengertian
            Informix-4gl adalah bahasa pemrograman generasi ke-4 yang memberikan kombinasi dua keunggulan yaitu prosedural & non prosedural, sehingga mampu memberikan semua fasilitas yg diperlukan dalam membentuk RDBMS (Relational DataBase Management System). Informix-4gl dikembangkan oleh Informix Software, Inc. dan didesign khusus untuk aplikasi database. Bahasa Generasi ke-4 seperti Informix-4gl merupakan kemajuan terakhir dalam pemrograman.

Bahasa Prosedur dan Non-Prosedur
            Bahasa pemrograman dapat ditujukan sebagai bahasa prosedur atau non-prosedur. Jika menggunakan bahasa prosedur, kita harus menspesifikasikan dalam program kita bagaimana kita akan menyelesaikan sesuatu. Langkah-langkah tersebut mendekati pembuatan bahasa prosedur sangat flexibel, sehingga kita dapat menggunakannya untuk berbagai aplikasi. Contoh : Jika kita akan mendesign program menu menggunakan bahasa COBOL atau C kita harus menspesifikasikan langkah demi langkah bagaimana menampilkan menu dan mengatasi masukan dari pemakai.

            Program tersebut juga harus terdapat statement untuk menampilkan judul menu dan menu pilihan dan untuk memindahkan kursor dari satu pilihan ke pilihan lain. Juga akan terdapat statement kondisi seperti IF atau CASE yang dapat melaksanakan berbagai pekerjaan tergantung dari masukan pemakai.

            Menggunakan bahasa Non-prosedur kita harus menspesifikasikan hasil yang diinginkan. Contoh, dalam hal yang sama kita akan mendesign program menu, maka kita harus membentuk menu menggunakan suatu statement contohnya statement MENU dalam Informix-4gl. Kita tidak perlu untuk menggunakan statement PRINT untuk menampilkan judul menu dan menu pilihan sebab MENU mempunyai proses yang sudah ada untuk menampilkan menu tersebut. Kita juga tidak perlu menggunakan statement kondisi untuk mengatasi permintaan masukan dari pemakai, karena MENU akan membentuk statement seperti CASE.

            Informix-4gl mengkombinasikan ciri-ciri dari bahasa prosedur dan non prosedur. Informix-4gl menyediakan statement-statement non-prosedur seperti statement MENU untuk membuat pembentukan aplikasi yang sederhana. Informix-4gl juga menyediakan statement-statement prosedur seperti IF, FOR, dan WHILE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar