Rabu, 24 Oktober 2012

6 elemen dalam desain grafis


analisa 6 elemen desain grafis pada website rcti.tv .

RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) adalah stasiun televisi swasta Indonesia pertama. RCTI pertama mencul pada 13 November 1988 dan diresmikan 24 Agustus 1989 dan pada waktu itu, siaran RCTI hanya dapat ditangkap oleh pelanggan yang memiliki dekoder dan membayar iuran setiap bulannya. RCTI melepas dekodernya pada akhir 1989. Pemerintah mengizinkan RCTI melakukan siaran bebas secara nasional sejak tahun 1990 tapi baru terwujud pada akhir 1991 setelah membuat RCTI Bandung pada 1 Mei 1991. Pada 2004 RCTI termasuk stasiun televisi yang besar di Indonesia. Sejak Oktober 2003, RCTI dimiliki oleh Media Nusantara Citra, kelompok perusahaan media yang juga memiliki Global TV dan MNCTV.

Berikut 6 elemen yang di perhatikan dalam desain grafis :

1. Metaphor  (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasI dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.

Hasil analisa :
Pada tampilan website RCTI.tv termasuk mengandung unsur metaphor. Itu bisa terlihat dari berbagai macam Banner program tv serta pengumuman yang dibuat dengan menggunakan flash objek dan beberapa slide gambar yang interaktif. unsur metaphor tersebut digunakan sebagai media untuk masuk ke halaman lain dan mendeskripsikan beberapa informasi progaram tv tersebut.

2. Clarity (Kejelasan)
Adalah alasan yang kuat/masuk akal digunakannya setiap  elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik.

Hasil analisa :
Pada tampilan web RCTI.tv dari segi Clarity cukup baik karna tidak terlalu banyak memasukan elemen yang tidak terlalu penting. Susunan halaman web yang teratur dan disertai link-link yang jelas akan menjadi daya tarik kepada pengunjung. Semua data dan informasi disusun agar terkemas dengan baik. Ini akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan mereka.

3. Consistency (Ketetapan)
Adalah konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography,teks, dll. Terdapat konsistensi yang baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

Hasil analisa:
Web RCTI.tv ini termasuk konsisten, terlihat dari segi pewarnaannya. Penggunaan warna latar belakang sama untuk setiap page, yaitu biru. Warna teks yang mendominasi pada setiap halaman, yaitu putih untuk indikasi link biru dan putih dan untuk link isi web itu sendiri berwarna merah dan putih, untuk selainnya (header, navigasi, dan footer pengecualian). Website ini mengguanakan jenis huruf  Calibri dengan ukuran tulisan yang sama untuk setiap halamannya.

4. Alignment (Perataan)
Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan membantu penglihatan untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan memudahkan perataannya.

Hasil Analisa :
Pada web RCTI.tv menggunakan alignment justify (rata kanan kiri), itu terlihat jelas dari setiap halaman-halaman  yang digunakan. Web ini juga menggunakan bantuan garis (grid) untuk menghubungkan hal-hal yang saling berkaitan dan berhubungan sehingga memudahkan perataan dan memudahkan pengunjung untuk mengambil kesimpulan dengan cepat karena pembuat web ini sudah menghubungkan hal-hal yang saling berkaitan.

5. Proximity  
Informasi/item yang berkaitan ditampilkan bersama. Sedangkan informasi/item yang tidak berhubungan dibuat berjarak yang jauh.

Hasil analisa:
Para pembuat web sudah memperhatikan unsur ini, maka dari itu pada tampilan halaman/page informasi-informasi(item) yang saling berhubungan dibuat saling berdeketan dan berkesinambungan. Sedangkan informasi yang berbeda dibuatkan jarak halaman lain.

6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Keserasian tampilan akan membuat pengunjung website tertarik pada website tersebut. Kontras juga dapat membuat mata para pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras juga mendukung skimming secara cepat.

Hasil Analisa :
pada web RCTI.tv memiliki kontras yang  membuat para pembaca tidak bosan, karena keseimbangan pemilihan warna background maupun tulisannya cukup menarik dan nyaman dipandang. pemilihan warna backgound biru dan tulisan puith membuat penglihatan mata pengunjung/pembaca nyaman dan tertarik pada artikel bacaan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis yang dilakukan adalah sebagai berikut :
Kekurangan yang terdapat dalam website rcti.tv yaitu :
  • Tidak terdapatnya search engine yang menyediakan untuk pencarian yang lebih luas.
  • Tidak adanya pengubahan bahasa, sehingga pembaca terkadang kesulitan untuk memahaminya.
  • Tidak memiliki ruang komen, sehingga tidak dapat melakukan feedback atau tidak memiliki timbale balik yang informative.

Kelebihan yang terdapat :
  • Mempunyai warna background dan huruf yang bagus ( nyaman di pandang)
  • Memiliki tampilan slide/icon program yang menarik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar