Sabtu, 06 Oktober 2012

SOLUSI MENGURANGI TAWURAN ANTAR PELAJAR


SOLUSI MENGURANGI TAWURAN ANTAR PELAJAR
Tawuran antar pelajar kini telah marak terjadi. Ini merupakan hal yang sangat mengenaskan untuk dunia pendidikan jaman sekarang. Sudah banyak kejadian tawuran akhir-akhir ini, sehingga mulai memakan korban jiwa dan kerugian bagi masyarakat di sekitarnya.
Tawuran sekarang serasa menjadi kesenangan atau hobi para pelajar yang tidak memiliki kesungguhan dalam belajar di sekolah. Mereka menjadikan tawuran untuk menunjukkan jati diri mereka dan sebagai adu kekuatan antar pelajar. Banyak siswa yang terlibat tawuran tidak ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler apapun di sekolah. Mereka tidak memiliki tujuan positif.
Untuk mengatasi kondisi tersebut, dibutuhhan ketegasan dari aparatur baik kepolisian maupun satpol PP yang mempunyai kewenangan untuk menggunakan mengatasi hal tersebut. Penggunaan hukum untuk mengatasi merupakan satu pilihan untuk memberikan syok terapi bagi para pelaku yang mengganggu ketertiban di jalanan termasuk merusak barang milik orang lain.
Ada pula beberapa pencegahan untuk mengurangi tawuran yang seharusnya di lakukan :
  • Para pelajar wajib diajarkan dan memahami bahwa semua permasalahan tidak akan selesai jika penyelesaiannya dengan menggunakan kekerasan.
  • Melakukan komunikasi dan pendekatan secara khusus kepada para pelajar untuk mengajarkan cinta kasih.
  • Memberikan arti pengajaran ilmu beladiri yang mempunyai prinsip penggunaan untuk menyelamatkan orang dan bukan untuk menyakiti orang lain.
  • Memberikan pelajaran tentang agama yang mendalam, agar para pelajar bisa membedakan mana perbuatan baik dan buruk.
  • Mengajarkan ilmu yang membahas tentang hokum,norma di lingkungan pelajar.
  • Mengajarkan ilmu sosial Budaya, ilmu sosial budaya sangat bermanfaat untuk pelajar khususnya, yaitu agar tidak salah menempatkan diri di lingkungan masyarakat.
  • Tindakan kekerasan pasti akan menular, Pihak yang berwenang haruslah tegas memberikan sanksi untuk pelaku tindak kekerasan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar